PELATIHAN PERAWAT DAN KADER DALAM PENANGANAN PASUNG BERBASIS KOMUNITAS DI PROVINSI JAWA TIMUR

yuni ramawati

Abstract


Provinsi Jawa Timur memiliki target bebas pasung sebesar 0,7% atau jumlah kasus pasung maksimal adalah 591 kasus. Perhitungan tersebut diperoleh dari kasus yang dipasung berdasarkan estimasi Orang dengan Gangguan Jiwa sebanyak 84.410 jiwa dengan jumlah penduduk sebesar 38.368.301. Berdasarkan aspek sumberdaya manusia dapat disebabkan karena belum adanya pelatihan dan sosialisasi untuk pemegang program jiwa dan kader; belum optimalnya peran dari dokter jiwa, psikiater, dan kader kesehatan jiwa, tim TPKJM Kecamatan dan puskesmas; serta kurangnya dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, keluarga, dan stakeholder. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi upaya penanganan pasung berbasis komunitas di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan perawat dan kader dalam penanganan pasung berbasis komunitas di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dan mengidentifikasi kegiatan pelatihan perawat dan kader yang telah dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan wawancara pasa perawat dan kader di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Upaya penanganan pasung berbasis komunitas di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur adalah dengan menerbitkan peraturan tentang pembebasan pasien pasung, pembentukan tim TPKJM dan CMHN. Kebutuhan pelatihan perawat dan kader dalam penanganan pasung berbasis komunitas di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur adalah BC-CMHN, IC-CMHN, AC-CMHN, dan Terapi Aktifitas Kelompok. Kegiatan pelatihan perawat dan kader yang telah dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur meliputi pelatihan BC-CMHN di beberapa kabupaten berdasarkan bakorwil.

Keywords


Pasung, Dinas kesehatan, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Budiarto, E. 2003. Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: ECG.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 2014. Pedoman Teknis Pembebasan Pasien Pasung. Surabaya : Dinkes Jatim

Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. 2007. Profil Kesehatan Kabupaten Jombang Tahun 2007. Jombang : Dinkes Kab. Jombang,

Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. 2013. Menuju Indonesia Bebas Pasung. [Serial Online]. http://lamongankab.go.id/instansi/dinkes/menuju-indonesia-bebas-pasung/. Disitasi pada tanggal 05 Agustus 2015.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT Tarsito.

Soeprapto, Riyadi. R. (2006). The The Capacity Building For Local Government Toward Good Governance. [Online]. Tersedia: http://www.docstoc.com/docs/5936090/Riyadi-capacity-building

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Supriyanto, S dan Damayanti, N.A. 2007. Perencanaan dan Evaluasi. Surabaya : Airlangga University Press.

Yap, Jan, t.L. (2000). Human Resources Capacity Building. [Online]. Tersedia: http://www.Gtzsfdm.or.id

Yuwono, Teguh, (2003), “Capacity Building in the Local Government Concept and Analysis”, Makalah pada Seminar Internasional Democracy and Local Politics diselenggarakan oleh PSSAT UGM, STPMD “APMD, UAJY, Yogyakarta, 7-8 Januari.




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf.v8i2.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-ISSN: 2502-7778 ---- p-ISSN 2086-3098

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES, Volume 1-6 (2010-2015) tampil di http://suaraforikes.webs.com

(Journal of Health Research "FORIKES VOICE", Volume 1-6 (2010-2015) available at http://suaraforikes.webs.com)

---------------------------------------------------------