FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK DI SDN 176 KOTA PEKANBARU

eka maya saputri, Ahmad Satria Efendi, Juli Selvi Yanti

Abstract


Obesitas pada anak adalah kondisi medis pada anak yang ditandai dengan berat badan di atas rata-rata dari indeks masa tubuhnya (IMT) di atas batas normal. Seorang anak bisa dikatakan mengalami obesitas bila lemak tubuhnya sudah melebihi 25-30% dari berat badan idealnya. Tujuan penelitian ini adalah agar diketahuinya faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kejadian obesitas pada anak SD Negeri 176 Kota Pekanbaru. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen (Pola Makan, Kebiasaan Menonton Televisi dan Aktifitas fisik) dan variabel dependen (kejadian obesitas). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang siswa dan siswi di SDN 176 Kota Pekanbaru. Penelitian ini bersifat kuantitatif analitik dengan jenis desain study crossectional. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa semua variabel independen berhubungan dengan variabel dependen dengan nilai p valuenya Pola Makan (p value = 0,000), Kebiasaan Menonton Televisi (p value = 0,013) dan Aktifitas fisik (p value = 0,001). Sementara itu, untuk multivariatnya didapatkan hasil bahwa variabel yang berhubungan secara signifikan dengan kejadian obesitas adalah aktivitas fisik dan pola makan anak. Saran dalam penelitian ini adalah pihak sekolah perlu meningkatkan kegiatan aktivitas fisik anak seperti dengan menambah beberapa kegiatan dalam ekstrakurikuler sekolah, mengajarkan anak tentang pola makan yang baik sesuai dengan ketentuan kandungan gizi dan menginformasikan kepada anak agar mengurangi tontontan televisi.

Keywords


Faktor, Pola Makan, Kebiasaan Menonton Televisi, Aktifitas Fisik, Keajdian Obesitas Pada Anak

References


Akhmad, E. Y. (2011). Diet Sehat untuk Anak. Yogyakarta: Kanisus

Amra, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Usia Sekolah SD Negeri 001 Suak Lanjut Kecamatan Siak Kabupaten Siak. Thesis Program Studi Megister Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah. Pekanbaru.

Fitriah, F. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Di Empat SD Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. STIKes Hang tuah. Pekanbaru.

Kemenkes RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar Nasional 2010.

Misnadiarly. (2007). Obesitas Sebagai Faktor Risiko Beberapa Penyakit. Jakarta: Pustaka Obor Populer.

Mumpuni, Y. Wulandari, A. (2010). Cara Jitu Mengatasi Kegemukan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Soegih, R. R. Wiramihardja. K. K. (2009). Obesitas Permasalahan Dan Terapi Praktis. Jakarta: CV Sagung Seto.

Wahyu, G. G. (2009). Obesitas pada Anak. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

WHO. (2014). Global Health Observatory. (Online). (http://www.who.int/nutgrowthdb/database/countries/who_standards/idn_dat.pdf?ua=1. Di akses pada tanggal 19 Maret 2014).

Yatim, F. (2010). Kendalikan obesits dan diabetes. Jakarta: Sarana Pustaka Prima Indocamp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 eka maya saputri, Ahmad Satria Efendi, Juli Selvi Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

e-ISSN: 2502-7778 ---- p-ISSN 2086-3098

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES, Volume 1-6 (2010-2015) tampil di http://suaraforikes.webs.com

(Journal of Health Research "FORIKES VOICE", Volume 1-6 (2010-2015) available at http://suaraforikes.webs.com)

---------------------------------------------------------