PENGARUH PAPARAN KLORIN DI UDARA TERHADAP PEROKSIDASI LIPID PADA PEKERJA KOLAM RENANG

Pratiwi Hermiyanti

Abstract


Gas klorin merupakan substansi kimia yang dihasilkan dalam proses desinfeksi pada air kolam renang. Paparan klorin menyebabkan perubahan mekanisme immunology dalam tubuh yang menghasilkan oksidan atau radikal bebas dan beberapa keluhan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh paparan klorin terhadap oksidasi lipid yang diukur dalam kadar malondialdehyde (MDA) pada pekerja kolam renang di Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini terbagi menjadi operator desinfeksi dan bagian administrasi pada tiga kolam renang outdoor di Surabaya yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Besar sampel yang diperoleh berdasarkan sampling secara acak dihasilkan sejumlah 24 orang, masing- masing 12 orang pada operator desinfeksi dan bagian administrasi. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney serta uji regresi.
Hasil analisis menggambarkan bahwa kadar MDA dipengaruhi secara signifikan konsentrasi klorin di udara ambien (p<0,01) dan usia (p<0,05) menggunakan regresi linier ganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah paparan klorin dapat meningkatkan kadar MDA pada kelompok terpapar. Selain itu kadar klorin di udara ambien kolam renang menjadi alasan gangguan pernafasan pada operator desinfeksi. Saran untuk operator desinfeksi sebagai usaha dini mencegah gangguan pernafasan adalah dengan memperhatikan arah angin dalam melakukan proses desinfeksi dan konsumsi makanan kaya antioksidan serta perlunya monitoring udara khususnya kadar klorin secara berkala oleh pengelola kolam renang.

Kata kunci:
paparan klorin, kolam renang, kadar MDA, gangguan pernafasan

Full Text:

Remote


DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf.v7i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2502-7778 ---- p-ISSN 2086-3098

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES, Volume 1-6 (2010-2015) tampil di http://suaraforikes.webs.com

(Journal of Health Research "FORIKES VOICE", Volume 1-6 (2010-2015) available at http://suaraforikes.webs.com)

---------------------------------------------------------