PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG

Azizatul Hamidiyah

Abstract


ABSTRAK

Minat konsumen memakai jasa dari pemberi jasa yang sama sangat dipengaruhi oleh pengalaman kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan sebelumnya. Klinik umum di RS.Bhineka Bakti Husada menduduki urutan keenam dengan persentase kunjungan pasien lama terendah dibanding 18 poliklinik lainnya. Klinik umum memiliki persentase angka kunjungan pasien lama rendah juga memiliki angka kunjungan pasien lama yang menurun terutama pada tahun 2011-2012. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Sampel adalah pasien baru di klinik umum yang telah merasakan pelayanan di unit klinik umum. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel kehandalan (Pvalue = 0,000), daya tanggap (Pvalue = 0,000), jaminan (Pvalue = 0,000), empati (Pvalue = 0,000) dan bukti fisik pelayanan (Pvalue = 0,000) dengan minat kunjungan ulang. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pasien tentang kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang.

Keywords: persepsi pasien, kualitas pelayanan, minat kunjungan ulang

Full Text:

PDF

References


Ariawan, Iwan., 1998. Besar dan Metode Sampel pada Penelitian Kesehatan. Depok: FKMUI.

Engel, James F, dkk., 1994. Perilaku Konsumen. Jilid 1, Edisi keenam. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Hapsari, Yaumanisa., 2006. Analiis Persepsi Pasien tentang Poliklinik Umum dengan Keputusan Pemanfaatan Ulangnya di RS.Pantiwilasa “Citarum” Semarang. Semarang: UNDIP.

Hartono, Bambang., 2010. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbi, Fiil Hendra., 2012. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang Tahun 2012.Jurnal Kesehatan Masyarakat.Vol.1 No.2 . diakses pada tanggal 10 Maret 2013 dari http://ejournals1.undip.ac.id/ index.php/jkm

Hidajati, Wahyu., 2009. Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Rawat Inap Kelas III RS.Polpus Sukanto dengan Minat Memanfaatkan Ulang pada Pasien Dinas Tahun 2009. Depok: FKMUI.

Jacobalis. Samsi.,` 2000. Beberapa Teknik dalam Manajemen Mutu. Manajemen Rumah Sakit.Yogyakarta :Universitas Gadjahmada.

Jasfar, Farida., 2009. Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karyati, Sri Berdi., 2006. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang. Semarang: UNDIP.

Kotler, Philip., 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kunto, Widyo., 2004. Analisis Hubungan Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Unit Rawat Inap Umum di Rumah Sakit Kusta Kelet Jepara. Semarang: UNDIP.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani., 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Maslina, Vina Hotnu rayda. 2011. Hubungan Persepsi Pasien tentang Kualitas Pelayanan dengan Minat kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RS. Zahirah Jakarta. Depok : FKMUI

Mauludin, Hanif., 2001. Analisis Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya terhadap Image (Studi pada Unit Rawat Inap RSUD DR.R.Koesma Tuban).Jurnal Penelitian Akuntansi Bisnis dan Manajemen

Munaryo., 2008. Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Rawat Inap terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Kab. Brebes Tahun 2008. Semarang: UNDIP.

Muninjaya, A.A.Gde., 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Niti, Sri., 2009. Analisis Pengaruh Persepsi Faktor Mutu Layanan Rawat Jalan terhadap Minat Pemanfaatan Ulang di RSUD Kab.Brebes Tahun 2009. Semarang: UNDIP.

Prasetijo, R. Ihalauw. JJOI. 2005. Perilaku Konsumen. Jogjakarta: Andy Offset

Rustiyanto, Ery., 2010. Statistik Rumah Sakit untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy., 2009. Service Marketting: Esensi dan Aplikasi. Jogjakarta: Marknesis.

Trimurthy, Iga., 2008. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Semarang: UNDIP.

Wahyuningsih, Nurdini. 2009. Analisis Lost Pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Pertamina Jaya Tahun 2008. Depok: FKMUI

Yuliastuti, Tri., 2009. Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas Pelayanan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Ruang Okupasi Terapi RSOS Tahun 2009. Semarang: UNDIP.




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf.v7i3.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Kesehatan "SUARA FORIKES"

e-ISSN: 2502-7778 ---- p-ISSN 2086-3098

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES, Volume 1-6 (2010-2015) tampil di http://suaraforikes.webs.com

(Journal of Health Research "FORIKES VOICE", Volume 1-6 (2010-2015) available at http://suaraforikes.webs.com)

---------------------------------------------------------