Determinan Kesehatan Yang Mempengaruhi Kepatuhan Diet Pada Pasien Rawat Inap di Bangsal Kelas 1, 2 dan 3 RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Abimayu Abimayu, Katmini Katmini, Agusta Dian Ellina

Abstract


Sisa makanan memiliki dampak negatif yaitu tidak tercapainya SPM, anggaran gizi yang kurang efisien dan kekurangan zat gizi atau malnutrisi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penampilan makanan, cita rasa makanan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien rawat inap di Bangsal Kelas 1, 2 dan 3 RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan fokus penelitiannya diarahkan untuk akan menganalisis pengaruh penampilan makanan, cita rasa makanan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien rawat inap di Bangsal Kelas 1, 2 dan 3 RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Jumlah populasi sejumlah 164 responden dan sampel sebanyak 116 responden yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki penampilan makanan kategori cukup sebanyak 67 responden (57,8%). sebagian besar responden memiliki cita rasa makanan kategori cukup sebanyak 73 responden (62,9%). sebagian besar responden memiliki dukungan keluarga kategori cukup sebanyak 66 responden (56,9%). sebagian besar responden tidak patuh melakukan diet sebanyak 60 responden (51,7%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H1 diterima jadi disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh penampilan makanan, cita rasa makanan dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien rawat inap di Bangsal Kelas 1, 2 dan 3 RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dengan besaran pengaruh 74,9%. Pasien yang dirawat rumah sakit dapat patuh mencukupi kebutuhan gizi dengan cara mengkonsumsi apa yang disediakan rumah sakit sekaligus bila ingin mengkonsumsi makanan dari luar harus memperhatikan kebutuhan gizinya.

Kata kunci: cita rasa; dukungan keluarga; kepatuhan; penampilan

References


Netty E, dkk. Pedoman Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit. Jakarta: Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat; 2017.

Ariefuddin MA, Kuntjoro T, Prawiningdyah Y. Analisis Sisa Makanan Lunak Rumah Sakit Pada Penyelenggaraan Makanan Dengan Sistem Outsourcing di RSUD GunungJati Cirebon. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2014; 133-142.

Djamaluddin M, Prawirihartono EP, Paramastri I. Analisis Zat Gizi dan Biaya Sisa Makanan pada Pasien dengan Makanan Biasa. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2015; 108-12.

Hospitality N. Managing Food Waste in the NHS. Bournemouth University. NHS Estates; 2015.

Liber L, Andarwulan N, Adawiyah DR. Peningkatan Kualitas Cita Rasa Makanan Rumah Sakit untuk Mempercepat Penyembuhan Pasien. Jurnal Mutu Pangan. 2014; 83-90.

Nareswara AS. Hubungan Kepuasan Pasien Dari Aspek Kualitas Makanan Rumah Sakit Dengan Sisa Makanan Di RSUD Kota Semarang. Universitas Diponegoro; 2011.

Priyanto O. Faktor yang Berhubungan Dengan Terjadinya Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Kota Semarang. Skrispsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universias Negeri Semarang; 2019.

Marwati E. Hubungan Kebiasaan Makan, Konsumsi Makanan, dan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi Kurang Siswa Kelas IV, V, dan VI di SDN Wargasetra 2 Kecamatan Tegal Waru Karawang Jawa Barat. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; 2015.

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika; 2013.

Munawar AA. Hubungan Penampilan Makanan, Rasa Makanan dan Faktor Lainnya dengan Sisa Makanan (Lunak) Pasien Kelas 3 di RSUP DR Hasan Sadikin Bandung. Tesis. FKM UI; 2011.

Raharjo. Mutu Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit di RSU Dr.Soeselo Slawi dan RSU Harapan Anda Tegal ditinjau dari Sisa Makanan Biasa Pasien Rawat Inap. Skripsi. UNDIP; 2012.

Kusumaningrum FD. Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Tesis. Universitas Islam Sultan Agung; 2019.

Melda M, Arini E, Yulinda AT. Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. (Jems) Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains. 2020; 143-149.

Saputra V, Mulyati A, Andayani S. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, Dan Higienitas Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Ice Cream Zangrandi Surabaya). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. 2015; 1-14.

Nuryanti P, Utomo M, Mifbakhuddin. Hubungan antara Waktu Penyajian, Penampilan dan Rasa Makanan dengan Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap Dewasa di RS Bhakti Wira Tamtama Semarang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang; 2018.

Olowookere AJ, Olowookere SA, Talabi AO, Etonyeaku AC, Adeleke OE, Akinboboye OO. Perceived family support and factors influencing medication adherence among hypertensive patients attending a Nigerian tertiary hospital. Annals of Tropical Medicine and Public Health. 2015; 241.

Osamor PE. Social support and management of hypertension in South-Nigeria. Cardiovascular Journal of Africa. 2015; 29- 33.




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf.v14i0.3741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES (Journal of Health Research FORIKES VOICE), e-ISSN: 2502-7778, p-ISSN 2086-3098
Volume 1-6 (2010-2015) are available at http://suaraforikes.webs.com)
+6282132259611 (phone and WhatsApp)

___________________________________________________________________________________________________________________________________