PENGARUH KONSUMSI KOPI ARABIKA TERHADAP PH SALIVA PADA USIA DEWASA MUDA

herry imran imran

Abstract


Kopi arabika merupakan minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Aceh. Kandungan kopi arabika terdiri dari sukrosa, monosakarida, asam klorogenat dan asam nikotinat. Semua unsur tersebut dapat menyebabkan penurunan pH saliva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsumsi kopi arabika terhadap pH saliva pada usia dewasa muda.
Desain penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif dengan metode Cross Sectional. Jumlah sampel pada dalam penelitian ini adalah 40 orang yang terdiri dari dua kelompok, yaitu 20 orang pengkonsumsi kopi arabika, dan 20 orang bukan pengkonsumsi kopi.
Hasil T-Test antara subjek yang mengkonsumsi kopi arabika terhadap pH saliva menunjukkan ada pengaruh antara konsumsi kopi arabika terhadap penurunan pH saliva dengan Mean 5,7 + 1,161 dan bukan pengkonsumsi kopi Mean 6,5 + 1,100. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara konsumsi kopi arabika dengan pH saliva dengan taraf kemaknaan p = 0,040, artinya ada pengaruh antara konsumsi kopi arabika terhadap penurunan pH saliva.
Perlu diberi penjelasan dan edukasi pada masyarakat mengenai efek mengkonsumsi kopi yang dapat menyebabkan penurunan pH saliva serta meningkatkan resiko terjadinya karies.

Keywords


Kopi arabika, pH Saliva, usia dewasa muda

Full Text:

PDF

References


-




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf.v7i3.39

Refbacks



Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Kesehatan "SUARA FORIKES"

e-ISSN: 2502-7778 ---- p-ISSN 2086-3098

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES, Volume 1-6 (2010-2015) tampil di http://suaraforikes.webs.com

(Journal of Health Research "FORIKES VOICE", Volume 1-6 (2010-2015) available at http://suaraforikes.webs.com)

---------------------------------------------------------