ANALISIS KEBUTUHAN (NEED) MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MULYOREJO KOTA SURABAYA

Rindha Mareta Kusumawati

Abstract


Status kesehatan yang relatif baik dibutuhkan oleh manusia untuk menopang semua aktivitas hidupnya. Untuk memperoleh kesehatan yang prima, setiap orang akan berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi dan mengobati penyakit yang dideritanya hingga sembuh. Seseorang dalam mencapai kesembuhan yang diharapkan terkadang membutuhkan bantuan dari pihak lain dalam hal ini adalah sarana pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan salah satunya di Puskesmas. Kebutuhan (need) masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berupa jenis layanan. Tujuan penelitian ini mengetahui kebutuhan (need) masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Mulyorejo. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan observasional deskriptif. Lokasi penelitian adalah Puskesmas Mulyorejo. Sampel penelitian berdasarkan kriteria inklusi berjumlah 50 orang masyarakat yang mengunjungi puskesmas Mulyorejo. Hasil penelitian Masyarakat di wilayah Puskesmas Mulyorejo membutuhkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan alasan lokasi tidak jauh dengan rumah disbanding fasilitas kesehatan yang lain. Masyarakat lebih membutuhkan dokter umum dibanding tenaga kesehatan yang lain. Masyarakat membutuhkan poli umum saat awal berobat ke pelayanan kesehatan dibanding poli yang lain. Dan masyarakat di wilayah Puskesmas Mulyorejo menggunakan BPJS saat berobat ke pelayanan kesehatan.

Kata Kunci:
Kebutuhan, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan

Keywords


Kebutuhan, Puskesmas, Pelayanan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Azrul Anwar. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Grossman, Michael. 1972. On The Concept of Health Capital and Demand for Health. Journal of Political Economic.Vol. 80.

Hartatik, Fransisca. 2012. Tesis : Upaya peningkatan kinerja puskesmas di kota Surabaya berdasarkan Malcolm baldridge criteria for performance excellenge. Surabaya: Universitas Airlangga.

Santoso, B., 2007. Tesis: Pengembangan Puskesmas Jetis Kabupaten Ponorogo Menjadi Puskesmas Perawatan Berdasarkan Hasil Analisis Harapan Dan Kebutuhan Masyarakat. Surabaya: Universitas Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf.v7i4.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2502-7778 ---- p-ISSN 2086-3098

Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES, Volume 1-6 (2010-2015) tampil di http://suaraforikes.webs.com

(Journal of Health Research "FORIKES VOICE", Volume 1-6 (2010-2015) available at http://suaraforikes.webs.com)

---------------------------------------------------------